Home Khazanah Islam Dimana Tempat Tinggal Jin?

Dimana Tempat Tinggal Jin?

Tidak ada keraguan bahwa Jin juga memiliki kehidupan sebagaimana manusia memiliki kehidupan. Mereka makan, minum dan berkeluarga sebagaiamana manusia juga melakukan hal yang sama. Jin juga tinggal ditempat yang sama dengan manusia yakni bumi, hanya saja mereka tidak terlihat oleh pandangan kita. Allah ta’ala berfirman dalam Al-Qur’an,

والأرض وضعها للأنام

Dan bumi telah dibentangkannya untuk makhluk-Nya (QS Ar-Rahman : 10)

Ibnu Abbas menjelaskan tentang makna “Al-Anam” (Makluk) diayat diatas,

كل شيء فيه الروح

Segala sesuatu yang mempunyai ruh. (Tafsir at-Thabari)

Jin memiliki ruh, manusia memiliki ruh, binatang juga memiliki ruh dan mereka hidup berdampingan di bumi ini.  Jin juga butuh tempat tinggal  sebagaimana manusia juga butuh tempat tinggal untuk berteduh. Lalu, dimana tempat tinggal jin? dan diamana biasanya tempat-tempat yang paling sering disinggahi Jin?

1. Tempat-Tempat Kotor

Jin sangat senang dan nyaman tinggal ditempat-tempat kotor, seperti kamar mandi, rumah-rumah yang kosong, lubang-lubang, tempat sampah dan tempat-tempat yang bernajis lainnya. hal ini sesuai dengan tabiat mereka yang memang tidak menyukai kebersihan. Rasulullah salallahu ‘alaihi wasalam bersabda,

اذا أتى أحدكم الخلاء فليقل: أعوذ بالله من الخبث والخبائث

Apabila salah seorang dari kalian hendak masuk WC hendaklah ia mengucapkan “ Sesungguhnya aku berlindung dari Jin laki-laki dan Jin perempuan.” (HR Abu Dawud)

Inilah do’a yang diajarkan oleh rasulullah ketika hendak masuk ke Wc. Hal ini karena tempat ini adalah tempat kotor dan bernajis, dan tinggal di dalamnya Jin. Maka do’a ini diharapkan bisa menjadi perisai bagi kita dari gangguan Jin yang menetap tinggal di dalamnya.

Dalam hadist-hadist lain rasulullah juga melarang umatnya untuk shalat di kamar mandi serta di kandang unta. Para ulama menjelaskan bahwa pelarangan ini karena keduanya merupakan tempat yang bernajis serta keduanya adalah tempat tinggal Jin.

2. Tempat Yang Bisa Mengundang Fitnah

Tempat yang mengundang fitnah maksudnya adalah tempat-tempat yang memungkinkan Jin untuk membuat kerusakan dan fitnah didalamnya. Seperti pasar dan juga kuburan.

Pasar

Pasar dianggap memiliki potensi besar bagi jin untuk membuat kerusakan. Dalam sebuah hadist Salman menasehati sahabatnya tentang keburukan pasar, ia berkata:

لا تكونن، إنA استطعت، أول من يدخل السوق، ولا آخر من يخرج منها، فإنها معركة الشياطين، وبها ينصب رايته

Jika bisa janganlah engkau menjadi orang yang paling pertama masuk pasar, dan jangan pula menjadi orang yang paling terakhir keluar dari pasar, karena sesungguhnya pasar merupakan medan perang bagi syaithan, dan di dalamnyalah syaithan menegakkan benderanya. (HR Muslim)

Pasar disukai Jin karena didalmnya terdapat aktivitas-aktivitas yang terlarang, seperti curang dalam jual beli, pencurian, kesaksian palsu, kebohongan dan banyaknya aurat-aurat yang tidak tertutup rapat. Maka sangat wajar jika tempat ini merupakan tempat yang sangat disenangi jin unuk ditinggali karena mereka punya peluang besar untuk melakukan kerusakan didalamnya.

Kuburan

Kuburan juga merupakan tempat yang disenangi Jin, hal ini karena jin punya peluang besar untuk menggiring orang-orang kedalam kesyirikan dikuburan. Bahkan sampai hari ini kita masih banyak melihat orang-orang yang mengkeramatkan kuburan tertentu, kemudian mereka berdo’a disana, bahkan tak sedikitpula yang sampai shalat dan langsung meminta hajat mereka kepada penghuni kubur disana.

Hal ini terbukti sampai hari ini kuburan dianggap tempat yang angker, banyak orang yang takut ketika melewati atau berada dikuburan. Ketakutan semacam ini tentunya menjadi modal yang sangat berharga bagi kalangan jin untuk menjerumuskan orang-orang kedalam kesyirikan.

3. Rumah

Rumah yang kita hunu juga merupakan tempat tinggal jin, ada beberapa kemungkinan jin menjadikan rumah kita sebagai tempat tinggal:

Pertama, Jin menempati rumah karena memang jin tersebut dipelihara, karena memang ada sebagian orang yang menjadikan jin sebagai penjaga rumah.

Kedua, Jin tersebut datang karena memang penghuni rumah tersebut sering melakukan kemaksiatan dan kesyirikan serta jauh dari ibadah kepada Allah. Tentu rumah-rumah seperti ini akan sangat nyaman untuk dijadikan sebagai tempat berteduh bagi jin.

Ketiga, Jin tinggal dirumah itu karena dikirim oleh dukun yang mencoba untuk mengganggu orang-orang yang tinggal dirumah tersebut, bahkan tidak jarang hal ini diniatkan untuk melukai atau menyakiti orang yang tinggal dirumah tersebut, misalnya seperti sihir.

Keempat, Jin tidak diundang, tidak juga tidak dipelihara, tidak juga dikirim oleh dukun, ia menempati rumah tersebut karena atas dasar keinginannya. Karna memang disetiap rumah pasti selalu ada jin. Dalam sebuah Atsar dari Ibnu Abi dunya ia berkata

ما من أهل بيت من المسلمين الا وفي سقف بيتهم من الجن من المسلمين اذا وضع غذائهم نزلوا فتغدوا معهم واذا وضعوا عشائهم نزلوا فتعشوا معهم يدفع الله بهم عنهم

Tidak ada satu rumah orang muslim pun kecuali diatap rumahnya terdapat jin muslim. Apabila ia menghidangkan sarapan pagi, mereka turun dan ikut makan bersama penghuni rumah, dan apabila dihidangkan makan malam, merekapun turun dan ikut makan bersama penghuni rumah. (Makaidu syaithon)

Irsyad Hidayat Lc.
Alumni Universitas Islam Muhammad Bin sa'ud Jakarta (LIPIA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Menghindari Kematian?

Dalam Al-Qur’an Allah ta’ala berfirman كُلُّ نَفْسٍ ذائِقَةُ الْمَوْتِ "Setiap yang bernyawa pasti akan merasakan kematian".  (Q.S. Ali Imran : 85) Salah satu hal yang paling ditakuti...

3 Jenis Api Dalam Islam

Api menurut sains adalah suatu reaksi kimia (oksidasi) cepat yang terbentuk dari 3 unsur yaitu panas, oksigen dan bahan mudah terbakar yang menGhasilkan panas...

Orang Pertama Yang Masuk Syurga?

Sebelum memasuki syurga, para Ahli syurga akan terlebih dahulu melewati fase pensucian hati, Allah akan cabut dari hati mereka sifat dendam, iri dan penyakit-penyakit...

Apakah Jin Masuk Syurga?

Untuk menjawab pertanyaan ini, ada beberapa Hal yang harus diketahui 1. Ada Golongan Jin Yang Beriman. Di dalam Al-Qur’an Allah ta’ala berfirman, وَإِذْ صَرَفْنَا إِلَيْكَ نَفَرًا مِنَ...