Home Fiqih Tidur Di Masjid, Bolehkah?

Tidur Di Masjid, Bolehkah?

Masjid dihari ini dibangun dan dihias sedemikian rupa, tentunya tujuan utamanya adalah untuk memberikan kenyamanan bagi Kaum Muslimin yang shalat didalamnya. Mulai dari lantai yang bersih, kipas angin dan AC, serta fasilitas-fasilitas lainnya yang membuat nyaman bagi siapa saja yang singgah didalamnya.

Fasilitas yang lengkap membuat banyak orang merasa nyaman dan betah untuk berlama-lama dimasjid. Tak heran, kenyamanan ini bukan saja membuat mereka semakin bersemangat untuk ibadah, tapi juga bersemangat untuk tidur didalamnya.

Hal ini sedikit banyaknya membuat sebagian pengurus masjid membuat aturan pelarangan tidur di masjid. Larangan ini bukan tanpa alasan, karena terkadang orang-orang yang tidur dimasjid kurang menjaga kebersihannya. Seperti “ngences” ketika tidur, tentu hal ini bisa mengotori masjid dan membuat orang lain tidak nyaman, atau suara “dengkuran” yang dikhawatirkan menganggu jamaah lain. Kemudian faktor keamanan juga menjadi alasan tersendiri pelarangan tidur atau bermalam dimasjid.

Hukum Tidur Di Masjid

Pertama, Tidur dimasjid tidak haram, namun tidak dianjurkan (makruh). Ini adalah pendapat yang masyhur dari Ibnu Abbas, Ibnu Mas’ud, sa’id bin jubair, dan Mujahid. Mereka menganjurkan barang siapa yang memiliki tempat tinggal yang lain, hendaknya tidak tidur dimasjid. (Majmu’ syarah Aal-Muhadzab 3/172)

Anjuran ini tentu berlaku bagi orang yang tidak punya tujuan yang jelas, hanya sekedar tidur saja. Namun apabila ada tujuan, seperti I’tikaf dibulan ramadhan atau keperluan lainnya maka tentu itu hal yang dibolehkan.

Kedua, Tidur dimasjid adalah hal yang dibolehkan dan bukan kemakruhan, hal ini karena beberapa alasan.

Pertama, Perilaku sahabat. diantaranya sahabat Ibnu Umar radhiyallahu anhu, beliau berkata:

وَكُنْتُ أَنَامُ فِي الْمَسْجِدِ عَلَى عَهْدِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

Aku tidur di masjid pada masa rasulullah salallahu ‘alaihi wasalam. (HR Bukhari Muslim)

Hal serupa juga dilakukan oleh sahabat lain, semisal Ali bin abi thalib, shafwan bin umayyah, dan para sahabat lainnya.

Kedua, Masjid menjadi tempat tinggal sementara Ahlu suffah.

Ahlu suffah mereka adalah orang-orang muhajirin yang berhijrah dari makkah menuju madinah untuk berbaiat kepada rasulullah salallahu ‘alaihi wasalam. Ketika jumlah kaum muhajirin yang datang ke madinah semakin banyak, maka kaum anshor sebagai penduduk madinah tidak mampu menampung mereka semua, sehingga para kaum muhajirin menjadikan masjid sebagai tempat untuk berteduh dan tidur didalamnya.

Ketiga, Fungsi utama masjid memang untuk ibadah, namun disamping itu masjid bisa digunakan untuk keperluan lain selama bukan untuk kemaksiatan. Tidur bukanlah kemaksiatan, maka tidur didalam masjid termasuk hal yang mubah selama tidak mengganggu orang lain.

Dari dua pendapat ini, maka kesimpulan sederhanaya adalah tidak dilarang untuk tidur dimasjid, hanya saja ada sebagian ulama yang tidak menganjurkannya tanpa tujuan yang jelas.

Kemudian jika ingin tidur dimasjid, hendaknya setiap orang memperhatikan kebersihan masjid dan menyadari kebiasaannya. Jika ia terbiasa “ngences” ketika tidur, hendaknya ia membawa kain lain sebagai alas tidur untuk kepalanya agar apabila ada cairan yang keluar dari mulutnya, maka cairan tersebut tidak langsung jatuh ke lantai atau ke karpet masjid.

Kemudian hendaknya memilih tempat yang sedikit jauh dari tempat orang shalat, misalnya dipojokan masjid. Hal ini supaya tidak mengganggu jamaah lain, karena jangan sampai suara dengkuran ketika tidur mengganggu orang lain. Namun jika ia sadar dengkurannya ketika tidur cukup keras, alangkah baiknya untuk tidur dirumah saja.

Penutupan Sebagaian Masjid Diluar Waktu Shalat.

Adapun penutupan masjid diluar waktu shalat, seperti ditutup dimalam hari sehingga menghalangi orang lain untuk tidur didalamnya, maka jika mempertimbangkan aspek keamanan, hal ini sah-sah saja. Imam an-Nawawi dalam didalam kitabnya al-Majmu’ menukil pendapat dari para ulama bahwasanya mereka berkata,

لا بأس بإغلاق المسجد في غير وقت الصلاة لصيانته أو لحفظ آلاته

Dan tidak mengapa untuk menutup masjid selain waktu shalat untuk melindungi masjid, atau untuk menjaga fasilitas-fasilitas yang ada didalamnya (dari pencurian)

Iman Nawawi kemudian melanjutkan,

فأما إذا لم يخف من فتحها مفسدة ولا انتهاك حرمتها وكان في فتحها رفق بالناس فالسنة فتحها كما لم يغلق مسجد رسول الله صلى الله عليه وسلم في زمنه ولا بعده

Adapun jika tidak dikhawatirkan adannya kerusakan serta tidak dikhawatirkan menngotori kesuciannya, maka membuka masjid dan dengan terbukanya masjid akan memberikan manfaat bagi banyak orang, maka sunnahnya adalah tetap membukanya sebagaimana tidak tertutupnya masjid rasulullah dizamannya dan juga zaman setelahnya.

Kemudian bagi pengurus masjid baiknya mengkhususkan tempat tertentu semisal dipojok masjid bagi para jamaah yang hendak rebahan atau tidur dimasjid. Hal ini tentu lebih baik daripada harus mengusir para jamaah yang ingin tidur dimasjid. Karena mungkin diantara mereka terdapat orang-orang yang musafir, atau tidak punya tempat tinggal dan ingin mampir sejenak untuk berteduh.

Irsyad Hidayat Lc.
Alumni Universitas Islam Muhammad Bin sa'ud Jakarta (LIPIA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Menghindari Kematian?

Dalam Al-Qur’an Allah ta’ala berfirman كُلُّ نَفْسٍ ذائِقَةُ الْمَوْتِ "Setiap yang bernyawa pasti akan merasakan kematian".  (Q.S. Ali Imran : 85) Salah satu hal yang paling ditakuti...

3 Jenis Api Dalam Islam

Api menurut sains adalah suatu reaksi kimia (oksidasi) cepat yang terbentuk dari 3 unsur yaitu panas, oksigen dan bahan mudah terbakar yang menGhasilkan panas...

Orang Pertama Yang Masuk Syurga?

Sebelum memasuki syurga, para Ahli syurga akan terlebih dahulu melewati fase pensucian hati, Allah akan cabut dari hati mereka sifat dendam, iri dan penyakit-penyakit...

Apakah Jin Masuk Syurga?

Untuk menjawab pertanyaan ini, ada beberapa Hal yang harus diketahui 1. Ada Golongan Jin Yang Beriman. Di dalam Al-Qur’an Allah ta’ala berfirman, وَإِذْ صَرَفْنَا إِلَيْكَ نَفَرًا مِنَ...