Home Khazanah Islam Rahasia Dibalik Do’a  Hubungan Badan Bagi Suami Istri

Rahasia Dibalik Do’a  Hubungan Badan Bagi Suami Istri

Dalam islam, Hampir semua amal kebaikan yang hendak dilakukan oleh seseorang selalu didahului dengan dzikir dan do’a. Bukan tanpa alasan, do’a- do’a ini diharapkan akan menambah keberkahan pada amalan yang akan dikerjakan, seperti do’a sebelum makan, do’a sebelum masuk rumah, do’a sebelum masuk kamar mandi dan do’a-do’a lainnya.

Hubungan suami istri juga tidak luput dari adanya do’a khusus, Dalam satu hadist rasulullah bersabda,

لَوْ أَنَّ أَحَدَكُمْ إِذَا أَرَادَ أَنْ يَأْتِيَ أَهْلَهُ قَالَ: بِسْمِ اللَّهِ، اللَّهُمَّ جَنِّبْنَا الشَّيْطَانَ وَجَنِّبِ الشَّيْطَانَ مَا رَزَقْتَنَا; فَإِنَّهُ إِنْ يُقَدَّرْ بَيْنَهُمَا وَلَدٌ فِي ذَلِكَ, لَمْ يَضُرَّهُ الشَّيْطَانُ أَبَدًا

“Jika salah seorang dari kalian hendak mendatangi istrinya maka ucapkanlah : “Dengan menyebut nama Allah, Ya Allah jauhkanlah kami dari syaithan, dan jauhkanlah syaithan dari (keturunan) yang engkau berikan kepada kami,” Sesungguhnya jika ditakdirkan diantara keduanya seorang anak diwaktu itu, maka anak tersebut tidak akan diganggu oleh syaithan selamanya.” (HR. Bukhari-Muslim)

Hendaknya setiap pasangan yang akan melakukan hubungan suami-istri tidak mengacuhkan do’a ini, saling mengingatkan agar jika ditakdirkan keturunan dari hubungan tersebut, maka ia akan  dijauhkan dari gangguan syaithan.

Do’a ini hendaknya dihafalkan oleh setiap orang, Do’a ini begitu lengkap dan sarat makna, kemudian ada beberapa pelajaran penting yang harus kita ketahui dari do’a diatas, diantaranya:

1. Adab Dalam Berhubungan Badan

Dalam hadist diatas rasulullah mengajarkan kepada umatnya adab terpuji sebelum melakukan hubungan suami istri. Dan adab ini adalah bacaan “Bismillah” sebelum memulai hubungan badan, ini karena setiap amalan yang diawali dengan bismillah akan bertambah kebaikannya sementara amalan yang tidak dibacakan bismillah akan berkurang nilainya.

Dalam sebuah hadist rasulullah bersabda,

كل كلام أو أمر ذي بال لا يبدأ فيه ب : بسم الله الرحمن الرحيم فهو ابتر

“Segala perkara penting yang tidak dimulai dengan bismilahirahmanirahim maka berkurang berkahnya” (HR Al-Khatib dalam Al-Jami’)

3. Kewajiban Meminta Perlindungan Dari Syaithan

Syaitan adalah musuh bersama, syaithan akan mengganggu anak cucu adam dari sejak lahir sampai kematian tiba, ia akan terus berupaya untuk menyesatkan anak cucu adam, maka meminta perlindungan kepada Allah agar syaithan dijauhkan dari keturunan kita adalah do’a yang wajib untuk panjatkan oleh setiap orang.

Dalam do’a ini rasulullah mengajarkan kita untuk selalu meminta perlindungan bagi keturunan kita dari keburukan syaithan, hal ini juga pernah dilakukan oleh Maryam yang kisahnya diabadikan dalam Al-Qur’an, Allah ta’ala berfirman:

وَإِنِّي أُعِيذُهَا بِكَ وَذُرِّيَّتَهَا مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

Dan aku memohon perlindungan untuknya serta anak-anak keturunannya kepada Engkau dari pada syithan yang terkutuk (Al-Imran : 36)

3. Menjadi Ahli Dzikir

Dengan sering membaca do’a  ini, maka mudah –mudahan akan menjadi bagian dari orang-orang yang Allah sebutkan dalam Al-Qur’an sebagai golongan yang Allah siapkan pahala yang besar di sisiNya, Allah ta’ala berfirman,

والذاكرين الله وَالذَّاكِرَاتِ أعد الله لهم مغفرة وأجرا عظيما

Laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut nama Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar (Al-Ahzab : 35)

Dzikir kepada Allah merupakan pelindung yang paling baik dalam menangkal syaithan, ketika seseorang merutinkan dzikir dalam setiap amalnya, maka ia akan mendapatkan banyak sekali kebaikan; terlindung dari syaithan, mendapat pahala dan ampunan dari Allah, dan menjadi Ahli dzikir yang dicintai oleh Allah.

Irsyad Hidayat Lc.
Alumni Universitas Islam Muhammad Bin sa'ud Jakarta (LIPIA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Menghindari Kematian?

Dalam Al-Qur’an Allah ta’ala berfirman كُلُّ نَفْسٍ ذائِقَةُ الْمَوْتِ "Setiap yang bernyawa pasti akan merasakan kematian".  (Q.S. Ali Imran : 85) Salah satu hal yang paling ditakuti...

3 Jenis Api Dalam Islam

Api menurut sains adalah suatu reaksi kimia (oksidasi) cepat yang terbentuk dari 3 unsur yaitu panas, oksigen dan bahan mudah terbakar yang menGhasilkan panas...

Orang Pertama Yang Masuk Syurga?

Sebelum memasuki syurga, para Ahli syurga akan terlebih dahulu melewati fase pensucian hati, Allah akan cabut dari hati mereka sifat dendam, iri dan penyakit-penyakit...

Apakah Jin Masuk Syurga?

Untuk menjawab pertanyaan ini, ada beberapa Hal yang harus diketahui 1. Ada Golongan Jin Yang Beriman. Di dalam Al-Qur’an Allah ta’ala berfirman, وَإِذْ صَرَفْنَا إِلَيْكَ نَفَرًا مِنَ...