Home Khazanah Islam Ingin Taubatmu Diterima? Baca Ini

Ingin Taubatmu Diterima? Baca Ini

Manusia adalah tempat lupa dan salah, semua manusia pasti pernah melakukan dosa dan tidak ada manusia yang luput dari bercak-bercak dosa.

Namun bukan berarti seseorang berdalih dengan hal tersebut untuk selalu berkekalan dalam dosa, Karna Allah telah memberikan solusi setelah mereka berbuat dosa yaitu taubat. Oleh karena itu manusia terbaik bukanlah yang tanpa dosa, akan tetapi ia yang berdosa kemudian bersegera untuk menghapus dosa-dosanya.

كل بني آدم خطاء وخير الخطائين التوابون

“Seluruh Bani Adam (manusia) banyak melakukan kesalahan (dosa), dan sebaik-baik manusia yang banyak kesalahannya (dosanya) adalah yang banyak bertaubat.” (HR. At-Tirmidzi)

Syarat-Syarat Taubat

Imam Nawawi dalam kitabnya riyadhu shalihin menerangkan bahwa agar taubat seseorang di terima, setidaknya ada 4 syarat yang harus di penuhi:

قَالَ العلماءُ: التَّوْبَةُ وَاجبَةٌ مِنْ كُلِّ ذَنْب, فإنْ كَانتِ المَعْصِيَةُ بَيْنَ العَبْدِ وبَيْنَ اللهِ تَعَالَى لاَ تَتَعلَّقُ بحقّ آدَمِيٍّ, فَلَهَا ثَلاثَةُ شُرُوط

Para ulama berkata: taubat itu wajib dari segala dosa, Jika maksiat yang di lakukan adalah amksiat antara seorang hamba dan Allah ta’ala dan tidak berhubungan dengan hak-hak orang lain, maka syarat taubat baginya ada 3 perkara:

أحَدُها: أنْ يُقلِعَ عَنِ المَعصِيَةِ

Pertama, Ia harus meninggalkan maksiat itu dengan segera

والثَّانِي: أَنْ يَنْدَمَ عَلَى فِعْلِهَا

Kedua, Ia harus menyesali perbuatannya

والثَّالثُ: أنْ يَعْزِمَ أَنْ لا يعُودَ إِلَيْهَا أَبَداً . فَإِنْ فُقِدَ أَحَدُ الثَّلاثَةِ لَمْ تَصِحَّ تَوبَتُهُ

Ketiga, Ia harus bertekad untuk tidak mengulanginya untuk selamanya, Jika hilang satu syarat saja dari ketiga syarat ini maka taubatnya tidak diterima.

Kemudian Imam Nawawi melanjutkan;

وإنْ كَانَتِ المَعْصِيةُ تَتَعَلقُ بآدَمِيٍّ فَشُرُوطُهَا أرْبَعَةٌ: هذِهِ الثَّلاثَةُ, وأنْ يَبْرَأ مِنْ حَقّ صَاحِبِها, فَإِنْ كَانَتْ مالاً أَوْ نَحْوَهُ رَدَّهُ إِلَيْه

Dan jika maksiat itu berhubungan dengan hak-hak orang lain maka syaratnya ada 4, tiga yang lalu, kemudian yang ke empat: dia harus terbebas dari hak-hak saudaranya, Jika itu berhubungan dengan uang atau selainnya maka ia harus mengembalikannya.

Membebaskan dosa dari manusia lebih sulit dari membebaskan dosa dari Allah ta’ala. Bukan berarti bahwa manusia lebih tinggi dari pada Allah, akan tetapi Allah lebih pemaaf dan lebih sayang dengannya sehingga Allah mempermudah maafnya.

Adapun dosa dengan manusia, maka dosa tersebut tidak akan terangkat kecuali bila ia sudah mengembalikan hak-hak saudaranya itu. Bila dosa itu ghibah, maka ia wajib meminta maaf dan menjelaskan semuanya, bila itu terkait dengan harta, seperti mencuri, menipu dan lainnya, maka ia wajib untuk mengembalikannya.

Inilah ke 4 syarat agar taubat seseorang diterima oleh Allah ta’ala, hendaknya setiap orang meminta ampunan dan bertaubat kepada Allah setiap waktu. Karena mungkin ada dosa-dosa yang tidak kita ketahui. Dan Allah membukakan pintu maafNya siang dan malam.

Rasulullah sallalahu alaihi wa salam bersabda:

إِن الله تَعَالَى يبْسُطُ يدهُ بِاللَّيْلِ ليتُوب مُسيءُ النَّهَارِ وَيبْسُطُ يَدهُ بالنَّهَارِ ليَتُوبَ مُسِيءُ اللَّيْلِ حتَّى تَطْلُعَ الشَّمْسُ مِن مغْرِبِها

“Sungguh, Allah meluaskan tangan-Nya pada malam hari untuk menerima taubat dari hamba yang bermaksiat di siang hari. Dan Allah meluaskan tangan-Nya pada siang hari untuk menerima taubat dari hamba yang bermaksiat di malam hari sampai terbenam matahari” (HR. Muslim)

Irsyad Hidayat Lc.
Alumni Universitas Islam Muhammad Bin sa'ud Jakarta (LIPIA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Menghindari Kematian?

Dalam Al-Qur’an Allah ta’ala berfirman كُلُّ نَفْسٍ ذائِقَةُ الْمَوْتِ "Setiap yang bernyawa pasti akan merasakan kematian".  (Q.S. Ali Imran : 85) Salah satu hal yang paling ditakuti...

3 Jenis Api Dalam Islam

Api menurut sains adalah suatu reaksi kimia (oksidasi) cepat yang terbentuk dari 3 unsur yaitu panas, oksigen dan bahan mudah terbakar yang menGhasilkan panas...

Orang Pertama Yang Masuk Syurga?

Sebelum memasuki syurga, para Ahli syurga akan terlebih dahulu melewati fase pensucian hati, Allah akan cabut dari hati mereka sifat dendam, iri dan penyakit-penyakit...

Apakah Jin Masuk Syurga?

Untuk menjawab pertanyaan ini, ada beberapa Hal yang harus diketahui 1. Ada Golongan Jin Yang Beriman. Di dalam Al-Qur’an Allah ta’ala berfirman, وَإِذْ صَرَفْنَا إِلَيْكَ نَفَرًا مِنَ...